Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Raksasa Energi Equinor Siap Operasikan PLTS Pertamanya di Polandia

Foto : Istimewa

PLTS

A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan energi multinasional Norwegia yang bermarkas di Stavanger, Norwegia yakni Equinor menyatakan siap mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) pertamanya di Polandia. Ini setelah Equinor pada tahun 2021 membeli pengembang tenaga surya Wento beserta proyek-proyek tenaga suryanya di seluruh Polandia.

Equinor mengumumkan, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya Stepien di Polandia telah selesai dan siap untuk beroperasi. Adapun Stepien dikembangkan dan akan dioperasikan oleh Wento.

"Dengan Wento, kami memiliki posisi unik untuk membangun portofolio tenaga surya yang signifikan di salah satu pasar energi terbarukan yang paling cepat berkembang di Eropa. Pada tahun pertama kepemilikan kami, kami menyetujui pembangunan tiga pembangkit listrik tenaga surya di Polandia dengan total kapasitas 171 MW," kata Wakil Presiden Senior untuk Energi dan Pasar dalam Energi Terbarukan di Equinor, Olav Kolbeinstveit, dikutip Minggu (9/10).

"Hari ini, kami dengan bangga meresmikan pembangkit listrik tenaga surya pertama kami Stepien, sementara dua pembangkit lainnya diharapkan siap pada tahun 2023-2024," tambahnya.

Stepien terletak di kota madya Braniewo, bagian dari wilayah Warmia di utara Polandia. Ini menjadi salah satu pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Polandia hingga saat ini, dengan lebih dari 100 ribu panel surya di area seluas sekitar 65 hektar.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top