Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Serbia Dapat Investasi Besar untuk Kembangkan Energi Terbarukan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kementerian Pertambangan dan Energi Serbia mengungkapkan, telah mendapatkan dana investasi dari Tiongkok mencapai 2 miliar Euro atau sekitar 2,18 dolar AS untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin dan matahari serta sebuah fasilitas produksi hidrogen di Serbia. Ini menjadi investasi terbesar di bidang energi terbarukan di negara Balkan tersebut hingga saat ini.

Investasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara kementerian tersebut dan Shanghai Fengling Renewable Co Ltd dari Tiongkok dan Serbia Zijin Copper, anak perusahaan lokal Zijin Mining. Nota kesepahaman ini membayangkan pembangunan pembangkit listrik tenaga angin berkapasitas 1.500 megawatt (MW), pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 500 MW, dan pembangkit listrik tenaga hidrogen berkapasitas tahunan sekitar 30.000 metrik ton pada tahun 2028, demikian pernyataan tersebut, dengan Shanghai Fengling Renewable sebagai investor utama. Energi yang dihasilkan akan digunakan di tambang tembaga dan pabrik peleburan milik Zijin di dekat kota Bor di Serbia timur.

"Proyek ini akan memungkinkan Zijin untuk memproduksi sebagian besar kebutuhan listriknya secara berkelanjutan," kata Menteri Pertambangan dan Energi Serbia Dubravka Djedovic Handanovic, dikutip dari Reuters, Minggu (28/1).

"Investasi ini akan membantu kami mencapai tujuan keamanan dan kemandirian energi dan mencapai netralitas karbon pada tahun 2050,"

Zijin Mining menjadi mitra strategis Serbia di penambang tembaga RTB Bor pada tahun 2018, berjanji untuk menginvestasikan 1,26 miliar dolar AS dengan imbalan 63% saham dan kemudian membuka tambang tembaga dan emas bawah tanah Cukaru Peki pada tahun 2021.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top