Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

PM Yunani Sebut Kecelakaan Maut Kereta Api sebagai Kesalahan Negara

Foto : Antara/Xinhua

Puing kereta akibat kecelakaan di Yunani yang menewaskan 57 orang dan melukai puluhan lainnya.

A   A   A   Pengaturan Font

Perdana Menteri Yunani meminta maaf atas "kesalahan negara" terkait insiden kecelakaan kereta terburuk di negara itu. Setuidaknya 57 orang tewas dalam kecelakaan.

ATHENA - Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis pada Minggu (5/3) meminta maaf atas "kesalahan negara" setelah insiden kecelakaan kereta terburuk yang menewaskan 57 orang dan melukai puluhan lainnya.

"Sebagai perdana menteri, saya berutang kepada semua orang, tetapi terutama kepada kerabat para korban, saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Baik secara pribadi, maupun atas nama semua orang yang duduk di pemerintahan negara ini selama bertahun-tahun," katanya dalam sebuah pernyataan pers, seraya menambahkan pemerintah "seharusnya tidak bersembunyi di balik kesalahan manusia."

Seorang kepala stasiun telah ditahan dan didakwa melakukan pembunuhan atas kelalaian yang mengakibatkan tabrakan langsung antara kereta penumpang dengan kereta barang di Yunani tengah pada Selasa (28/2) malam pekan lalu. Kedua kereta melaju beberapa kilometer di jalur yang sama dengan arah berlawanan.

Mitsotakis menegaskan kembali keadilan akan ditegakkan menyusul penyelidikan yang sedang berlangsung. Langkah-langkah cepat akan dilakukan untuk meningkatkan keselamatan dalam perkeretaapian Yunani.

Menyusul tragedi tersebut, serikat buruh pekerja perkeretaapian mengatakan telah memperingatkan pejabat mengenai kekurangan yang telah berlangsung lama dalam operasional jaringan perkeretaapian, seperti kekurangan staf dan kurangnya sistem keselamatan yang memadai.

Pemerintah akan meminta Komisi Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa (UE) lainnya untuk membantu memberikan pengetahuan, serta dana tambahan Eropa untuk meningkatkan sistem perkeretaapian Yunani, ujarnya.

Pada Minggu yang sama, ribuan orang melakukan protes di depan parlemen dalam aksi unjuk rasa yang digelar oleh partai politik dan serikat buruh, lapor kantor berita nasional Yunani AMNA sebagaimana dikutip Xinhua.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top