Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

PLTS Terkosenterasi Terbesar Dunia Rampung Dibangun di Dubai

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sebuah kompleks energi surya berkapasitas 950 MW diresmikan di Dubai, tuan rumah konferensi perubahan iklim COP28. Fasilitas hibrida ini terdiri dari sistem tenaga surya terkonsentrasi (CSP) yang paling kuat di planet ini dan unit fotovoltaik. Ini adalah fase keempat dari Mohammed bin Rashid Al Maktoum Solar Park, yang bersaing untuk mendapatkan gelar sebagai yang terbesar di dunia.

Lima puluh kilometer di selatan kota Dubai, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan Penguasa Dubai Mohammed bin Rashid Al Maktoum meresmikan fasilitas energi surya hibrida di taman fotovoltaik yang diberi nama sesuai namanya. UEA memiliki visi yang jelas untuk mentransformasikan dirinya menjadi salah satu negara paling berkelanjutan di dunia, katanya.

Fase keempat terdiri dari fasilitas tenaga surya terkonsentrasi terbesar di planet ini, dengan keseluruhan 700 MW, dan 250 MW kapasitas fotovoltaik. Taman Surya Mohammed bin Rashid Al Maktoum diperkirakan akan mencapai 5 GW. Saat ini, total kapasitasnya mencapai 2,6 GW, menjadikannya salah satu dari segelintir pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia, bahkan tanpa CSP.

Dilansir dari Balkan Green Energy News, seluruh sistem akan mencakup panas dan hidrogen hijau. Segmen tenaga surya terkonsentrasi ini memiliki menara surya dengan rekor tertinggi dan kapasitas penyimpanan energi panas terbesar di mana pun, demikian ungkap Otoritas Listrik dan Air Dubai (DEWA). Perusahaan listrik ini menguasai 51% saham perusahaan patungan Noor Energy 1, yang membangun tahap keempat. Pemilik lainnya adalah ACWA Power (25%) dari Arab Saudi dan Silk Road Fund dari China (24%).

Fase keempat bernilai 4,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Fasilitas CSP ini memiliki 600 MW di kompleks cekungan parabola dan menara surya 100 MW setinggi 263 meter, menurut DEWA. Selain itu, fasilitas ini memiliki kapasitas penyimpanan energi panas terbesar, 5,9 GWh, demikian menurut DEWA, mengutip Guinness World Records.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top