Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Mitigasi Krisis | Transformasi Digital UMKM di Indonesia Masih Tertinggal di Asia

Perkuat Ekonomi Daerah Hadapi Risiko Global

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Sinergi antarpemerintah daerah perlu diperkuat untuk menjaga stabilitas harga pangan di tengah ancaman inflasi tinggi, salah satunya dipicu gejolak perekonomian global.

JAKARTA - Perekonomian di setiap daerah di Indonesia perlu diperkuat untuk menghadapi tantangan perekonomian global. Untuk itu, dibutuhkan sinergitas antarpemerintah daerah.

"Kekuatan Indonesia menghadapi badai dunia adalah apa yang disebut konsumsi dalam negeri. Artinya, dalam penjabarannya adalah kekuatan ekonomi di daerah, di seluruh dan masing-masing daerah di provinsi, kabupaten, kota," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar, dalam Sidang Pleno ISEI XXII yang dipantau di Jakarta, Rabu (24/8).

Menurutnya, sektor keuangan Indonesia cukup stabil di tengah terhambatnya rantai pasok global yang diakibatkan oleh konflik geopolitik antara Russia dan Ukraina. Karena itu, Indonesia tidak perlu mengikuti negara lain dalam memperketat kebijakan moneter.

"Inflasi kita relatif terkendali, demikian juga pasar modal dan pasar uang, serta perbankan yang kondisinya semakin sehat dibandingkan saat kita berada di puncak pandemi," kata Mahendra Siregar.

Baca Juga :
Industri Batik Colet

Pada saat sama, nilai restrukturisasi kredit perbankan juga telah berkurang tajam dibandingkan tahun 2021 dan 2020 saat pandemi Covid-19 masih menyebar, kecuali beberapa sektor seperti akomodasi, makanan minuman, dan transportasi di beberapa daerah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, Antara

Komentar

Komentar
()

Top