Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Pendingin Udara Wearable 'Saiga' Dapat Digunakan dengan Berbagai Cara

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Musim panas membawa gelombang panas yang tak henti-hentinya yang membuat frustasi di bawah matahari. Tentu Anda dapat berlindung di dalam batas-batas nyaman rumah Anda yang didinginkan oleh AC , tetapi dalam situasi harus keluar terkena panas terik dari matahari.

Melansir laman yankodesign, sekarang ada AC portable bertenaga baterai yang bertahan selama dua jam dengan sekali pengisian daya, tetapi jika Anda menyukai sesuatu yang dapat terus menyala tanpa perlu khawatir baterai akan habis di tengah krisis, perangkat kreatif yang dapat dikenakan ini memiliki membuat Anda merasakan sensasi yang berbeda.

Pendingin udara 'Saiga' yang dapat dipakai adalah karya desain Harry Barber, Kevin Chiam, Wei Haw Huang dan Nacho Vilanova dari Imperial College of London. Perangkat ini dapat membantu mengurangi kebutuhan akan AC konvensional dengan memberikan bantuan yang ditargetkan di dalam atau di luar ruangan

Pendingin udara 'Saiga' yang dapat dipakai adalah perangkat pendingin pribadi untuk digunakan di musim panas untuk memberikan bantuan yang efektif dari suhu terik di kota dan sekitarnya.

Pendingin udara leher yang dapat dipakai ini menggunakan konduksi untuk mendinginkan area di sekitar leher menggunakan napas pengguna sendiri.

Unit bekerja dengan diposisikan ke leher dan akan bekerja memberikan bantuan pendinginan langsung ke bagian belakang leher untuk mendinginkan pengguna dengan cepat. Sebuah corong built-in juga dapat digunakan untuk memberikan bantuan panas internal untuk membawa pendinginan ke tingkat berikutnya ketika suhu mulai meningkat.

Jadi mengapa desain merancang prototipe yang membutuhkan daya baterai eksternal yang sangat kecil?, alasannya sederhana karena AC membutuhkan energi dan berdampak buruk pada lingkungan karena meningkatkan suhu lingkungan dan juga menimbulkan polusi dalam jangka panjang. Bagaimana perasaan seseorang berkontribusi banyak pada suhu lingkungan, dan Saiga yang melakukan hal itu.

Saiga ini memberikan pendinginan dengan konduksi udara ke bagian tertentu dari leher dan menghirup udara dingin melalui mulut lebih lanjut memberikan bantuan tambahan ketika suhu menjadi terlalu panas sehingga meningkatkan kenyamanan termal saat berada di lingkungan yang panas.

Perangkat bekerja saat keringat terdeteksi membuatnya bekerja beriringan dengan tubuh agar terasa nyaman saat dibutuhkan. Versi prototipe menggunakan chip Peltier (beroperasi di bawah 2W untuk alternatif daya rendah) yang ditempatkan secara strategis di sekitar area leher (belakang dan samping), dan bahan pengubah fase yang mendinginkan udara saat dihirup melalui corong.

Ini pada dasarnya tentang mendinginkan area leher daripada seluruh lingkungan untuk memberikan sensasi lingkungan yang dirasakan lebih dingin dari yang sebenarnya.




Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top