Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sektor Energi I 2019, Penerimaan PNBP Minerba Diprediksi Turun

Pendataan Minerba Diperketat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah meningkatkan sistem pendataan penjualan mineral dan batu bara (Minerba) agar mendapatkan data lebih akurat untuk menentukan program energi ke depan.

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memperketat penjualan mineral dan batu bara. Lembaga pembina sektor energi tersebut menerapkan digitalisasi sistem pelaporan penjualan minerba, dengan meluncurkan aplikasi Modul Verifikasi Penjualan (MVP).

Direktur Jenderal Mineral Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM, Bambang G Ariyono, mengatakan aplikasi itu merupakan salah satu aplikasi pada sektor minerba untuk meningkatkan akurasi data penjualan mineral yang selama ini masih mengalami simpangsiur.

Selama ini, pemerintah kerap dibenturkan dengan data yang tidak sama, baik dari beacukai, Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Perdagangan.

Baca Juga :
Layanan Digital

"Ini tidak boleh terjadi lagi. Saya sudah minta kepada kawan-kawan di (Ditjen) Minerba bagaimana mensinkornkan data-data tersebut," ungkap Bambang, melalui keterangannya dalam peluncuran MPV di Karawaci Tangerang, Senin (2/12).
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top