Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Proyeksi 2024

Pemerintah Harus Atasi Kenaikan Harga secara Terus-menerus

Foto : ISTIMEWA

FITHRA FAISAL HASTIADI Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia - Peristiwa global ini yang sebenarnya akan menjadi tantangan yang sangat besar karena ada perlambatan dinamika, juga ada kemudian beberapa disrupsi dari sisi energi.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan masih berpotensi tumbuh di atas 5 persen asal pemerintah bisa mengatasi berbagai tantangan, baik dari internal maupun eskternal.

Dari dalam negeri, kenaikan harga rata-rata umum secara terus-menerus atau cost push inflation disebabkan oleh kenaikan harga energi dan input produksi.

Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi, mengatakan dari forecast yang mereka buat, worst case-nya itu 4,8 persen, tapi untuk yang optimisnya bisa 5,04 persen.

"Jadi masih ada kemungkinan tumbuh di atas 5 persen," kata Fithra kepada Antara di Jakarta, Rabu (27/12).

Faktor-faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan di kisaran 5 persen adalah konsumsi masyarakat yang masih kuat. Hal itu terlihat dari pertumbuhan konsumsi yang sudah berada di atas pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua dan kuartal ketiga tahun ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top