Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Relokasi Anggaran Pemda

Pemerintah Ancam Tunda Transfer Dana Alokasi Umum

Foto : BPMI SETPRES/LUKAS

PIMPIN SIDANG KABINET I Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4). Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran untuk fokus bekerja pada penanganan virus korona atau Covid-19.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, meminta semua daerah segera merealokasi anggaran dan fokus pada penanganan virus korona atau Covid-19. Sri Mulyani mengancam akan menunda transfer dana alokasi umum (DAU) kepada pemerintah daerah yang belum merealokasi anggaran.

"Kami bisa lakukan penundaan untuk transfer DAU. Jadi, artinya kami sekarang betul-betul sangat serius," kata Sri Mulyani usai rapat kabinet paripurna dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (14/4).

Sri Mulyani menegaskan, teguran hingga sanksi tegas bagi daerah ini sudah sesuai dengan instruksi yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Sebab, Presiden menemukan masih banyak daerah yang belum memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Presiden hingga hari ini menyampaikan bahwa beliau masih melihat beberapa daerah yang masih bussiness as usual. Belanja sosial tidak naik, belanja barangnya masih belum berubah sehingga seolah-olah semuanya belum sampai ke daerah bahwa mereka perlu mengubah APBD," kata dia.

Sri Mulyani menegaskan ia bersama dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dapat mengecek langsung mana daerah yang sudah dan belum mengubah postur anggaran. "Kami sama-sama memonitor," kata dia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Khairil Huda
Penulis : Muhamad Umar Fadloli

Komentar

Komentar
()

Top