Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
IKN Nusantara

Pembangunan PLTS di IKN untuk Kota Hijau

Foto : antara
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan energi baru terbarukan (EBT), dalam rangka memastikan komitmen pembangunan IKN sebagai kota hijau atau green city.

JAKARTA - Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan energi baru terbarukan (EBT), dalam rangka memastikan komitmen pembangunan IKN sebagai kota hijau atau green city.

"IKN ini kami cek apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut (green city) dilaksanakan," ujar Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (24/6).

Sugeng menegaskan bahwa pembangunan IKN dengan konsep kota pintar (smart city) dan kota hijau (green city) merupakan komitmen bersama, terlebih dalam pemanfaatan energi terbarukan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam konteks net zero emission.

Sejauh pengamatan Komisi VII DPR RI, ujar Sugeng melanjutkan, progres tahap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN sudah berjalan sebesar 10 MW dari total target 50 MW.

Dalam kunjungannya, Sugeng juga mengatakan bahwa Komisi VII menyinggung soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dinilai pihaknya sangat penting dalam pembangunan IKN. Mengingat, hingga saat ini, total APBN yang dikeluarkan anggaran infrastruktur per 2024 sudah mencapai kurang lebih 37 triliun rupiah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top