Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Pebisnis Kuliner UMKM Didorong Jadi Juara Lokal

Foto : Istimewa.

PT Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy menjalankan roadshow bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal mulai Maret hingga Agustus 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Saat ini, bisnis pada sektor industri restoran dan rumah makan sedang berkembang seiring dengan memulihnya kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19. Untuk itu, pebisnis kuliner UMKM didorong jadi juara lokal.

CEO dan Co-Founder ESB, Gunawan mengatakan Kementerian Perindustrian RI mencatat pada 2022 terdapat kenaikan sebesar 3,68% pada segi pertumbuhan sektor industri restoran dan rumah makan. Angka tersebut meningkat dari 2021 yang hanya sebesar 2,95%. Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mencatat, kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif. Subsektor kuliner menyumbang Rp455,44 triliun atau sekitar 41 persen dari total PDB ekonomi kreatif sebesar Rp1.134 triliun pada 2020.

"Ini merupakan potensi, bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, jumlah Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia mencapai 3.996.325. Di Jawa Timur terdapat 746.732 UMK, kemudian di Jawa Tengah terdapat 569.896 UMK, di DKI Jakarta terdapat 285.880 UMK, dan di Bali terdapat 53.971 UMK," kata Gunawan di Jakarta, Selasa (23/5).

Baca Juga :
Literasi Keuangan

Melihat hal ini, tambahnya, PT Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy menjalankan sebuah roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal yang berlangsung mulai Maret hingga Agustus 2023. Roadshow ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di kota Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top