Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Nusantara Ibu Kota Negara

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

« Semogsa saja pemilihan Nusantara sebagai nama IKN baru ini tidak membingungkan dengan ­penyebutan lain nama Indonesia yang selama ini sudah kita kenal. Semoga tidak rancu. »

Nama Nusantara sudah lama kita kenal. Saat duduk di Sekolah Dasar, kita dikenalkan Nusantara dengan pengertian sebagai negara yang terdiri dari beberapa pulau. Istilah itu sebagai sinonim untuk Indonesia yang memang faktanya adalah negara yang terdiri dari beberapa pulau. Bahkan dari segi luas wilayah, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Sebagai sinonim Indonesia, Nusantara banyak digunakan sebagai nama perusahaan, gedung, toko, dan lembaga pendidikan. Untuk menggambarkan keindahannya, Nusantara juga dijadikan judul lagu.

Sampai-sampai kelompok musik Koes Plus membuat 8 lagu dengan judul Nusnatara, yaitu Nunsatara 1 sampai Nusantara 8. Pencipta lagu A. Riyanto pun melukiskan keindahan Nusantara melalui lirik lagu Nunsatara 1 hingga Nusantara 4 yang dipopulerkan oleh penyanyi Jamal Mirdad.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Nusantara pertama kali tercatat dalam kitab Negara Kertagama, untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit, yang kawasannya mencakup sebagian besar wilayah Asia Tenggara terutama pada wilayah kepulauan.

Dalam kitab Negarakertagama disebutkan bahwa wilayah Nusantara zaman dulu sebagian besar adalah wilayah Indonesia saat ini, meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Kemudian Kepulauan Maluku dan Papua Barat ditambah dengan Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, dan Filipina bagian Selatan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Koran Jakarta
Penulis : Koran Jakarta

Komentar

Komentar
()

Top