Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Piutang Negara

Moratorium dan Penagihan BLBI Bakal Kurangi Beban Keuangan Negara

Foto : Sumber: Kemenkeu – Litbang KJ/and/ones
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Desakan dari berbagai pihak agar pemerintah berani mengurangi beban keuangan negara dengan melakukan moratorium bunga obligasi rekapitalisasi harus diimbangi dengan upaya Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) mengoptimalkan penagihan piutang.

Dengan berjalannya moratorium bunga obligasi rekap dan penagihan piutang BLBI ke debitur nakal maka keuangan negara akan lebih sehat sehingga mampu mengatasi dampak dari berbagai tantangan perekonomian saat ini.

Sebab, moratorium akan membuat belanja negara berkurang sehingga dananya bisa dialokasikan untuk membantu berbagai program pemulihan ekonomi. Sementara penagihan debitur tentu akan menambah penerimaan negara.

Manajer Riset Seknas Fitra, Badiul Hadi, yang diminta pendapatnya di Jakarta, Rabu (6/7), mengatakan selain moratorium bunga obligasi rekap BLBI, Pemerintah juga diminta mengoptimalkan penagihan piutang negara BLBI agar negara memperoleh tambahan penerimaan, sehingga bisa mengurangi defisit anggaran yang otomatis mengurangi penarikan pembiayaan dari utang.

Satgas BLBI, kata Badiul, perlu lebih keras lagi melakukan penagihan piutang negara BLBI agar setidaknya pada tahun ini mampu mengembalikan lebih dari 50 persen kewajiban para debitur nakal kepada negara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top