Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Minta Bantuan Tiongkok, Bangladesh Ingin Pengungsi Rohingya Dipulangkan ke Myanmar

Foto : VOA/AP

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi (kedua dari kiri) dan Menlu Bangladesh A.K. Abdul Momen (ketiga dari kiri) dalam penandatanganan kerjasama bilateral di Dhaka, Bangladesh, Minggu (7/8).

A   A   A   Pengaturan Font

DHAKA - Bangladesh telah meminta bantuan Tiongkok untuk memulangkan pengungsi Rohingya ke Myanmar. Hal ini disampaikan dalam lawatan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke ibu kota Dhaka, yang menjanjikan hubungan perdagangan, investasi dan dukungan untuk pembangunan infrastruktur yang lebih baik di negara di Asia Selatan itu.

Dikutip dari VOA, Senin (8/8), Tiongkok telah menggunakan pengaruhnya di Myanmar untuk memediasi perjanjian tahun 2017 guna merepatriasi sekitar 700.000 pengungsi minoritas Muslim-Rohingya yang melarikan diri dari persekusi di Myanmar.

Para pengungsi menolak upaya memulangkan mereka kembali karena khawatir dengan bahaya di Myanmar.

Bangladesh memiliki hubungan yang kuat dengan Tiongkok, yang merupakan mitra dagang utama, yang sebagian besar untuk bahan baku.

Meskipun demikian mempertahankan hubungan dekat dengan Beijing menjadi tantangan bagi Bangladesh, yang juga menyeimbangkan hubungan diplomatik dan perdagangannya dengan India dan Amerika.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top