Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menkominfo Johnny G Plate Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi untuk Meningkatkan Kerja Sama Siapkan Regulasi Hak Penerbit

Foto : Dok. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

A   A   A   Pengaturan Font

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate meminta semua pihak untuk meningkatkan kerja sama penyiapan regulasi hak penerbit untuk menghadirkan konvergensi industri media di Indonesia. Ini untuk menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

"Publisher rights bukan untuk mengatasi dominasi di saat munculnya new comer over the top. Tapi untuk membangun satu konvergensi industri media untuk menjaga agar lapangan usaha lebih berimbang, agar bisa hidup bersama-sama, yang saling memperkuat antara konvensional media dengan new comer over the top," kata Johnny usai pertemuan dengan Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (21/3).

Menteri Johnny mengatakan, Dewan Pers dan konstituen telah bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran untuk menyusun naskah akademik berkaitan dengan regulasi hak penerbit. Ia menyatakan naskah akademik tersebut ditargetkan rampung dalam dua minggu ke depan.

"Dalam rapat bersama Dewan Pers dan konstituen Dewan Pers, masih ada beberapa hal yang harus perlu disempurnakan. Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan kita bisa menyelesaikan naskah akademiknya," ucapnya.

Dari naskah akademik tersebut, Menteri Johnny menyatakan akan mengusulkan langsung kepada Presiden Joko Widodo untuk meminta hak inisiatif mengusulkan payung hukum berkaitan dengan publisher rights yang relevan.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top