Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Melepas Penat di Kota Bunga Nan Sejuk

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kota sejuk Pagar Alam bisa menjadi pilihan untuk melepas kejenuhan. Berada di kaki gunung, kota ini menawarkan pemandangan indah, peninggalan prasejarah dan aktivitas memacu adrenalin.

Salah satu kota di Sumatera Selatan yang memiliki pemandangan elok adalah Kota Pagar Alam. Hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat pada 2001 memiliki luas 633,66 kilometer persegi. Dari Palembang jaraknya hanya berjarak sejauh 281 kilometer dan menjadikan kota ini pilihan untuk berlibur

Bagi warga setempat, Gunung Dempo di sisi timur dengan tinggi 3.173 mdpl merupakan anugerah. Bukan hanya menciptakan bentang alam yang indah, gunung ini menghadirkan tanah subur, dan suhu yang sejuk bagi 147.537 jiwa populasinya menurut sensus 2021.

Pegunungan, persawahan, perkebunan dan sungai-sungai yang mengalir kombinasi yang harmonis. Tidak heran "kota bunga" demikian sering disebut menjadi tempat pelarian bagi warga Palembang di akhir pekan.

Salah satu ikon wisata Pagar Alam adalah kebun teh Pagar Alam yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VI). "Kebun teh ini memiliki luas area tanamnya mencapai 1.523 hektare pada 2020 dengan hasil mencapai 80 ton per hari," menurut laman resmi perusahaan itu.

Pemandangan kebun teh akan terlihat sejauh mata memandang. Berada pada ketinggian rata-rata 1.520 meter udaranya cukup sejuk berkisar antara 15 hingga 26 derajat Celsius. Kelebihan ini menjadi daya tarik wisatawan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top