Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Luar Biasa, Tape Ketan Asal Kuningan Sekarang Sudah Dinyatakan Halal oleh Kemenag

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

KUNINGAN - Pengusaha tape ketan asal Kuningan, Jawa Barat Carsim Cayadi mengaku beruntung menjadi salah satu peserta fasilitasi sertifikasi halal gratis (Sehati) dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Berkat program Sehati, usaha tape ketan yang ia rintis di Kecamatan Cibereum, Kuningan, Jawa Barat selama puluhan tahun ini dapat mengembangkan pasar lintas daerah.

"Alhamdulillah melalui program gratis dari pemerintah, produk saya sudah (mendapatkan sertifikat) halal. Dan saat ini telah dipasarkan di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta," ungkap Carsim, di Kuningan, dikutip dari rilis Kemenang, Jumat (23/9).

Carsim menuturkan, fasilitasi sertifikasi halal gratis ini amat membantu usahanya yang sempat terdampak pandemic covid-19. "Tidak menyangka kemarin itu dapat mengurus (sertifikat) halal. Karena usaha saja sempat sepi karena pandemi. Alhamdulillah, ada bantuan pemerintah ini," imbuh Carsim.

Carsim memahami bahwa sertifikasi halal sangat penting dilaksanakan. Selain sebagai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang berlaku, sertifikasi halal juga merupakan bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam memproduksi produk yang terjamin kehalalannya bagi masyarakat.

"Apalagi produk saya banyak dikonsumsi masyarakat muslim. Ini agar mereka lebih nyaman mengonsumsi tape ketannya," papar Carsim.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Eko S
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top