Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kecelakaan Transportasi l Kapal Antar Jemput Sekolah Meledak, Sembilan Penumpang Luka

KNKT Lakukan Investigasi

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kapal sekolah meledak saat membawa rombongan Dishub DKI Jakarta. Meski operasional kapal sudah seizin Kepala Syahbandar, Dishub minta KNKT lakukan investigasi.

JAKARTA - Kapal yang meledak di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu adalah kapal sekolah milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kapal ini sering digunakan untuk mengangkut anak-anak sekolah di Kepulauan Seribu, namun meledak saat dipakai mengangkut petugas Dinas Perhubungan, Minggu (22/4).

"Itu Kapal Sekolah milik Dishub. Kapal sekolah yang kami miliki ada 3 unit kapal untuk mengangkut anak sekolah antar pulau," ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widiatmoko, dalam pesan singkatnya, di Jakarta, Minggu (22/4).

Menurutnya, Dinas Perhubungan telah melakukan perawatan dan operasional kapal sekolah ini sesuai standar operasional prosedur (SOP). Meski demikian, pihaknya akan meminta pihak berwenang lainnya, seperti dari Polres Kepulauan Seribu dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi mendalam atas meledaknya salah satu kapal sekolah tersebut. "Karenanya terkait musibah ini, kami minta investigasi dari yang berwenang," katanya.

Sigit pun belum bisa memastikan apakah dua kapal sekolah lainnya akan tetap beroperasi esok hari (hari ini). Dia menyebutkan, setiap operasional kapal sekolah tergantung dari izin kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu. " Setiap operasional kapal harus dilengkapi Surat Izin Berlayar dari KSOP," ucapnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : M Husen Hamidy
Penulis : Peri Irawan

Komentar

Komentar
()

Top