Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Ikatan Sarjana Ekonomi: Pinjol Marak Karena Cairkan Dana Gampang

Foto : Istimewa

Kepala OJK DIY, Jimmy Parjiman.

A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba bicara mengenai perkembangan fintech lending alias pinjaman online (pinjol) yang kian menjamur di Tanah Air.

Presiden memperoleh informasi banyak penipuan dan tindak pidana keuangan telah terjadi. Menurut Jokowi, masyarakat bawah (nasabah) yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh Pinjol yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya.

Baca Juga :
Berantas Pinjol

Berdasarkan kondisi tersebut, ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan diskusi terbatas yang dilakukan setelah bersepeda sehat, Sabtu (16/10). Hadir sebagai narasumber Jimmy Parjiman (Kepala OJK DIY) dan Y Sri Susilo (Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta). Sebagai peserta aktif antara lain Rudy Badrudin (Wakil Ketua II ISEI Cabang Yogyakarta), Bakti Wibawa (Wakil Ketua IV ISEI Cabang Yogyakarta) dan Rudy Hartono (Pengurus ISEI Cabang Yogyakarta).

Seperti diketahui, layanan Pinjol memang menjadi alternatif pembiayaan masyarakat. Syarat yang diajukan untuk mendapatkan pinjaman relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan bank atau koperasi. Proses peminjaman Pinjol juga sangat cepat, kurang dari 24 jam dana sudah bisa dicairkan. Kondisi tersebut menjadikan popularitas Pinjol semakin tersebar seantero negeri.

"Sebagian masyarakat atau nasabah pinjol tidak atau kurang menyadari Pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi dan tenor cicilan yang lebih pendek," jelas Parjiman.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top