Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
NASIONAL

Gerak Bersama Melawan Korona dengan Kemampuan yang Ada

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Sabtu (4/4) pagi-pagi dosen ekonomi kriminal Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Rimawan Pradiptya menghubungi ponsel saya. Singkat, dia menceritakan situasi yang memerlukan gerak bersama termasuk wartawan. Sepuluh lima belas menit berikutnya saya sudah berada di Whatsapp Group (WAG) Sonjo Media. Jejaring wartawan Rimawan satu-satu masuk, Ketua Ikatan Doker Indonesia (DI) DIY masuk, semua jadi admin grup semua mengundang relasinya terkait media dan stakeholder penanganan virus korona.

Percakapan di grup mengalir tentang pentingnya melakukan sesuatu di bidang media sebagai pelengkap apa yang dikerjakan sebagai jurnalis profesional, yang tugas utamanya, salah satunya adalah menjadi pengawas dari kerja-kerja pemerintah.

Si A bikin poster tentang pentingnya masker, si B bikin poster ini, poster bagaimana perawatan mandiri, poster tanda- tanda tertular Korona, terus saja laporan inisiatif mengalir di grup.

"Sonjo adalah inisiatif bersama, sambatan Yogya, gotong royong. Ayo kita bikin yang bisa kita bikin untuk ringankan beban masyarakat," kata Rimawan.

Dalam sepekan saja dibuat kini sudah Sonjo telah memiliki 5 WAG selain Sonjo Media yakni, Sonjo headquarter (HQ), Sonjo Database, Sonjo Pangan, Sonjo Inovasi, Sonjo Legowo. Sonjo Inovasi misalnya, menghimpun inovator-inovator di Yogya untuk membuat solusi masalah kekurangan perlengkapan rumah sakit dari masker hingga ventilator.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top