Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Gawat, Jet Tempur Inggris Cegat Pesawat Pembom Russia

Foto : istimewa

jet tempur

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Situasi dunia semakin gawat. Sebab jet-jet tempur Inggris mencegat pesawat-pesawat pembom Russia, Senin. Pembom Russia itu melintasi udara Skotlandia.

Jet Typhoon Inggris diterbangkan dari RAF Lossiemouth, salah satu dari dua stasiun Peringatan Reaksi Cepat Angkatan Udara Inggris, untuk mencegat pesawat pengebom jarak jauh Russia Tu-142 yang terbang melintasi Skotlandia utara.

Insiden itu terjadi Senin pagi setelah pesawat pengebom patroli maritim jarak jauh Russia transit di utara Kepulauan Shetland di dalam wilayah kepolisian udara utara NATO.

Pesawat patroli maritim Russia Tu-142 Bear-F dan Tu-142 Bear J, digunakan untuk pengintaian dan perang antikapal selam. Pesawat-pesawat itu dipelototi oleh Typhoon RAF Inggris.

James Heappey, menteri Angkatan Bersenjata, mengatakan kruRAF di Lossiemouth menjaga pengawasan konstan atas wilayah udara Inggris.

Sementara itu, Kapal tanker Voyager juga bereaksi cepat dan tetap mengudara selama misi untuk menyediakan pengisian bahan bakar di udara.

"Ketika alarm untuk reaksi cepat berbunyi pada pagi dini hari, adrenalin mulai beraksi," sebut seorang pilot RAF yang tidak disebutkan namanya. Beberapa saat kemudian, Typhoons dan Voyager kembali ke pangkalan, tambah pernyataan itu.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top