Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Fronius Berhasil Mengubah Teknologi Solar ke Stasiun Hidrogen

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mengubah sinar matahari menjadi hidrogen adalah cara yang tampaknya ideal untuk mengatasi tantangan energi dunia. Prosesnya tidak secara langsung melibatkan bahan bakar fosil atau menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Hidrogen yang dihasilkan dapat memberi daya pada sistem sel bahan bakar di kendaraan, kapal, dan kereta api, itu dapat dimasukkan ke dalam jaringan listrik atau digunakan untuk membuat bahan kimia dan baja. Namun, untuk saat ini, visi energi bersih itu terutama ada di lab. dikutip dari laman Newatlas.

Fronius Solhub adalah sistem untuk memproduksi, menyimpan, dan memanfaatkan hidrogen hijau secara lokal. Pelanggannya adalah SAN Group, yang akan memproduksi hingga 100 kg hidrogen hijau per hari di kantor pusat Herzogenburg, Lower Austria, di masa depan untuk mobilitas bebas emisi dan swasembada melalui catu daya darurat.

Di SAN Biotech Park, pabrik produksi hidrogen hijau pertama di Lower Austria sedang dikembangkan. Ini akan didukung sepenuhnya oleh energi terbarukan. Proses elektrolisis ditenagai oleh sistem fotovoltaik 1,5 MW yang dipasang di atap taman industri Grup SAN. Fronius, mitra yang dapat diandalkan dalam revolusi energi, menerapkan baik infrastruktur H2 maupun servis dan pemeliharaan solusi sistem hijau.

Hidrogen yang dihasilkan digunakan untuk bahan bakar armada Grup SAN dan juga tersedia untuk mitra regional. Setiap hari, sekitar 100 kilogram hidrogen hijau dibuat. Ini cukup untuk mengisi sekitar 16 mobil penumpang atau menempuh jarak lebih dari 1500 kilometer dengan bus atau truk.

Perusahaan energi surya Austria yang disegani, Fronius, telah melakukan terobosan di hub hidrogen hijau pelanggan pertamanya, memberi kita gambaran yang baik tentang apa yang diperlukan untuk menjalankan armada kendaraan dengan hidrogen hijau yang diproduksi seluruhnya di lokasi menggunakan panel surya.

Fronius SolHub pertama sedang dibangun sebagai bagian dari fasilitas hidrogen baru SAN Group di Herzogenburg, Lower Austria. Memproduksi rata-rata sekitar 100 kg hidrogen bersih per hari, itu akan digunakan sebagai stasiun pengisian untuk kendaraan hidrogen SAN sendiri. SAN juga membuat kesepakatan dengan perusahaan lain yang tertarik untuk menjalankan hub serupa mereka sendiri, untuk menggunakan fasilitas ini sebagai semacam demonstrasi.

"Pemasangan Fronius Solhub pertama adalah proyek unggulan," ujar Martin Hackl, Direktur Global Unit Bisnis Solar Energy, Fronius International GmbH,

"Hidrogen hijau dihasilkan dan disimpan langsung di lokasi menggunakan energi matahari dan air. Ini kemudian digunakan untuk mengisi kendaraan hidrogen dan, berkat konversi ulang, energi matahari juga tersedia di musim dingin dengan cara ini kita dapat memanfaatkan matahari 24 jam sehari." lanjutnya

"Ide di balik sistem ini adalah untuk menyimpan dan menggunakan energi matahari 24 jam sehari. Di masa depan, konsep energi yang terintegrasi penuh dengan penggunaan panas limbah dan konversi ulang kelebihan hidrogen akan memasok seluruh situs Grup SAN," ujar Martin Blauensteiner, Direktur Pelaksana SAN Real dan Manajer Proyek.

Tujuannya di sini adalah untuk menghasilkan bahan bakar hidrogen dengan cara yang benar-benar mandiri, mandiri dan bersih, dan untuk melakukannya, SolHub membutuhkan sekitar 1,5 megawatt panel fotovoltaik. Itu bukan instalasi kecil - sistem atap rumah rata-rata biasanya sekitar 3-6 kilowatt, untuk menempatkan segala sesuatunya dalam konteks. Untuk 1,5 MW solar, Anda melihat sekitar 5.000 panel atau lebih, menempati hampir 100.000 kaki persegi (9.000 meter persegi) ruang.

Seratus kilogram hidrogen hijau per hari akan sepenuhnya mengisi bahan bakar sekitar 16 mobil penumpang sel bahan bakar, atau memberi daya sekitar 1.500 km (930-aneh mil) perjalanan bus atau truk.


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top