Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Filipina Ingin Bicara dengan Tiongkok Soal Laut Tiongkok Selatan

Foto : CNA/REUTERS/Eloisa Lopez

Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken selama kunjungan kerjanya di Manila, Filipina pada 19 Maret 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

MANILA - Filipina berupaya keras untuk mengajak Tiongkok kembali ke meja perundingan guna menyelesaikan perbedaan pendapat di Laut Tiongkok Selatan (LTS), kata Menteri Luar Negeri Enrique Manalo pada Selasa (25/6).

Kedua negara mengadakan pertemuan kelompok kerja pekan lalu sebagai persiapan untuk pertemuan Mekanisme Konsultasi Bilateral pada bulan Juli, kata Manalo dalam penyelidikan senat pada hari Selasa (25/6).

"Apa pun langkah-langkah membangun kepercayaan yang kami capai, hal itu tidak akan mengorbankan peningkatan kedaulatan, hak kedaulatan, serta hak dan yurisdiksi kami di Laut Filipina Barat," kata Manalo.

Filipina menggunakan nama Laut Filipina Barat untuk bagian dari Laut Tiongkok Selatan yang diklaimnya.

Tiongkok mengklaim hampir seluruh Laut Tiongkok Selatan dengan sembilan garis putus-putus (nine-dash line), yang tumpang tindih dengan zona ekonomi eksklusif negara-negara penggugat lainnya, yakni Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top