Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Dampak Covid-19 I Sejumlah Negara Mulai Hentikan Ekspor untuk Kepentingan Rakyatnya

FAO Nyatakan Krisis Pangan Global Sudah di Depan Mata

Foto : SANJAY KANOJIA/AFP

MENANTI MAKANAN GRATIS I Para tunawisma menunggu di sepanjang jalan untuk menerima makanan gratis selama lockdown yang diberlakukan pemerintah sebagai langkah pencegahan Covid-19, di Allahabad, India, Senin (13/4). Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) menyatakan krisis pandemi yang berlarut-larut dapat membuat krisis pangan dunia.

A   A   A   Pengaturan Font

>> FAO memperkirakan krisis pangan akan terjadi antara April hingga Juni 2020.

>> Ancaman krisis rantai pasokan pangan diperkirakan akan muncul di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika.

JAKARTA - Krisis pangan dunia akibat situasi pandemi virus korona baru atau Covid-19 bakal terjadi. Sejumlah negara produsen pangan sudah mulai melarang ekspor guna kepentingan dalam negeri. Sementara itu, negara-negara yang selama ini bergantung impor pangan, seperti Indonesia yang impor pangannya mencapai 13 miliar dollar AS per tahun, mulai khawatir dengan berkurangnya pasokan untuk konsumsi rakyatnya.

Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dalam sebuah laporan yang dirilis akhir bulan lalu, menyatakan krisis pandemi yang berlarut-larut dapat dengan cepat membuat rantai pasokan makanan menjadi kacau, jaringan interaksi kompleks yang melibatkan petani, input pertanian, pabrik pengolahan, pengiriman, pengecer, dan banyak lagi.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top