Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Fantastis Jumlahnya Banyak Sekali! Pernah Memerangi Taliban, Amerika Kirimkan Bantuan Rp843 Miliar ke Afghanistan, Buat Apa?

Foto : Istimewa

Dampak gempa di Afghanistan.

A   A   A   Pengaturan Font

Amerika Serikat (AS) akan memberikan hampir 55 juta dolar AS atau setara Rp843 miliar sebagai untuk bantuan kemanusiaan kepada para korban gempa bumi dahsyat yang baru-baru menimpa Afghanistan tenggara.

Dikutip dari pernyataan resmi Menteri Luar Negeri, dana puluhan juta dolar AS itu akan digunakan untuk mengirim berbagai komoditas yang dibutuhkan para korban, seperti bahan makanan pokok, pakaian, peralatan masak, selimut, jerigen. Tak tertinggal, berbagai perlengkapan sanitasi untuk mencegah penyakit yang ditularkan melalui air di daerah yang terkena bencana.

Departemen Luar Negeri menyebut, AS berjanji menyumbang lebih dari 774 juta dolar AS selama setahun terakhir. Negara adidaya itu memang dikenal sebagai penyumbang bantuan kemanusiaan terbesar ke Afghanistan.

"Amerika punya komitmen yang langgeng kepada rakyat Afghanistan, dan kami menyambut dan mendorong dukungan dari mitra internasional kami pada saat yang sangat dibutuhkan," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan pada Selasa (28/6).

Pengumuman AS itu datang sehari setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta penggalangan dana sebesar 110,3 juta dolar AS sebagai tanggapan kemanusiaan yang mendesak untuk warga Afghanistan terdampak gempa, yang diperkirakan sekitar 360.000 orang.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Suliana

Komentar

Komentar
()

Top