Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penguatan Riset

Enzim di Larva Ngengat Lilin Dapat Membantu Meringankan Polusi

Foto : istimewa

Air liur larva ngengat lilin mengandung enzim yang memicu polietilen.

A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Penelitian yang diterbitkan Selasa (4/10) menemukan enzim dalam air liur larva ngengat lilin (Galleria mellonella) dapat menurunkan salah satu bentuk sampah plastik yang paling umum. Temuan ini membuka cara baru untuk menangani polusi plastik.

Dilansir oleh Voice of America, manusia menghasilkan sekitar 400 juta metrik ton sampah plastik setiap tahun meskipun ada dorongan internasional untuk mengurangi plastik sekali pakai dan meningkatkan daur ulang.

Sekitar sepertiganya adalah polietilen, plastik keras berkat strukturnya, yang secara tradisional membutuhkan pemanasan atau radiasi sebelum mulai terurai.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mikroorganisme dapat melepaskan enzim yang memulai proses degradasi pada polietilen, tetapi prosesnya sampai sekarang memakan waktu berbulan-bulan.

"Tetapi, enzim yang terkandung dalam air liur larva ngengat lilin dapat bekerja hanya dalam beberapa jam," bunyi hasil penelitian itu.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top