Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

ECB Mengikuti Jejak The Fed Naikkan Suku Bunga

Foto : Istimewa

Kantor pusat Bank Sentral Eropa di Frankfurt. Keputusan ECB sejalan dengan pasar, dan ekspektasi analis.

A   A   A   Pengaturan Font

FRANKFURT - Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) pada Kamis (4/5) menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 3,25 persen seperti yang diharapkan dan mengatakan akan berhenti menginvestasikan kembali uang tunai dari utang yang jatuh tempo dalam Program Pembelian Aset 3,2 triliun euro mulai Juli.

Dilansir oleh Reuters, bank sentral untuk 20 negara euro ini telah menaikkan suku bunga gabungan sebesar 375 basis poin sejak Juli lalu, laju pengetatan tercepatnya, tetapi tindakan lebih lanjut masih mungkin terjadi karena tekanan upah dan harga yang meningkat.

Kenaikan suku bunga, pelambatan setelah tiga kali berturut-turut naik 50 basis poin, terjadi hanya beberapa hari setelah data perbankan zona euro menunjukkan penurunan permintaan pinjaman terbesar dalam lebih dari satu dekade. Itu menunjukkan kenaikan suku bunga sebelumnya bekerja melalui ekonomi dan bahwa kebijakan ECB sekarang membatasi pertumbuhan.

Bank, bagaimanapun, tidak memberikan panduan tentang langkah masa depan.

"Dewan Pemerintahan akan terus mengikuti pendekatan yang bergantung pada data untuk menentukan tingkat dan durasi pembatasan yang sesuai," kata ECB dalam sebuah pernyataan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top