Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Drone Bawah Laut Dapat Melakukan Operasi Penyelamatan

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kapal karam menjadi lebih sering karena jumlah kapal di lautan meningkat karena kebijakan perdagangan terbuka antar negara.

Melansir laman yankodesign, karena ruang lingkup dan lokasi mereka, penyelamatan kapal karam dapat menjadi rumit secara logistik dan berbahaya bagi manusia untuk dilakukan.

Di sinilah robot penyelamat bawah air seperti Saver Whale dirancang sesuai ikan paus yang dikenal suka membantu orang muncul.

Konsep 'Saver Whale' telah dirancang oleh Lim do-hwi sebagai solusi akuatik darurat yang akan mendukung upaya penyelamatan responden pertama saat menangani kapal yang tenggelam.

Saver Whale idealnya adalah konsep drone bawah air yang dirancang untuk menjangkau tempat yang tidak bisa atau tidak boleh pergi oleh penyelamat manusia.

Banyak penyelamatan manusia di air dalam yang menyelamatkan nyawa terjadi dalam kondisi yang menantang dan berbahaya yang sulit bagi regu selam untuk bernegosiasi tanpa risiko cedera atau kehilangan nyawa.

Drone akan pergi ke tempat penyelamat tidak bisa menjauhkan mereka dari bahaya dan dengan cepat memberikan dukungan bagi mereka yang sangat membutuhkan bantuan.

Unit tersebut dapat dikerahkan melalui helikopter dan akan berkomunikasi kembali dengan operator ketika ditemukan korban selamat untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan termasuk rompi pelampung dan banyak lagi.

Konsep 'Saver Whale' juga dilengkapi dengan kemampuan menembak jaring untuk mengambil orang-orang yang kehilangan nyawa dan mencegah tubuhnya hilang terbawa arus air.

Sistem ini dilengkapi dengan radio dan speaker bersama dengan sonar untuk konektivitas yang mengesankan.

Drone penyelamat maritim seperti Saver Whale dapat mencapai perairan yang belum dipetakan mengurangi risiko terhadap kehidupan manusia dan bekerja sebagai pengintai untuk mengirimkan peralatan medis dan untuk membebaskan jiwa yang terperangkap atau tenggelam.

Saver Whale, dilengkapi dengan kamera, sonar, dan radar untuk deteksi, dan sistem radio untuk komunikasi, dapat dikerahkan dari helikopter, untuk menjelajah ke kedalaman perairan laut yang berbahaya di mana pengiriman manusia lebih berisiko.

Drone, dalam mendeteksi orang yang selamat atau sakit dan dapat langsung menyampaikan pesan ke tim penyelamat dan meminta bantuan.

Selain memanggil untuk cadangan dan menyampaikan lokasi langsungnya, kapal selam serbaguna ini dapat melengkapi korban dengan rompi pelampung, tali, dan perlengkapan lainnya dari kotak P3K di atas kapal.

Menariknya, Saver Whale juga dikonsep untuk menembakkan jaring pada mayat yang berada, untuk memperbaiki posisinya agar tidak hilang terbawa arus air.

Sudah ada berbagai robot penyelamat yang dapat merangkak di puing-puing, terbang di atas api, dan berenang di perairan dalam untuk membantu responden pertama dalam menjalankan operasi.

Namun, Saver Whale dengan daya dukung muatan dan pendekatan yang lebih terorganisir pasti dapat melalui improvisasi untuk suatu hari menyelam ke dasar laut untuk mencari korban kecelakaan laut. arn

(arisn/FBC)
Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top