Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kebutuhan Pokok

Diversifikasi ke Komoditas Lokal Bakal Kurangi Impor Pangan

Foto : ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA

AIRLANGGA HARTARTO Menko Perekonomian - Jadi, ini kita harus betul-betul berkonsentrasi terhadap ketersediaan pangan dalam negeri.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah diminta lebih serius mendorong diversifikasi pangan dengan memacu produksi dan konsumsi pangan lokal. Apalagi, Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah menyatakan agar ancaman krisis pangan global jangan menjadi ancaman bagi Indonesia, tetapi harus dilihat sebagai peluang.

Peluang itu bisa terwujud jika segenap jajaran terkait memacu produksi pangan lokal yang sesuai dengan karakter dan tradisi satu daerah seperti sagu di Papua dan sorgum di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peneliti Mubyarto Institute, Awan Santosa, pada Rabu (22/6), mengatakan hanya dengan diversifikasi ke pangan lokal akan mengurangi kebergantungan pada pangan impor dan tidak rentan pada geopolitik global yang mengganggu rantai pasok.

"Selama ini kita lamban bertindak, terus bergantung pada impor pangan sehingga rentan dengan berbagai masalah global," kata Awan.

Sekarang, kalau fokus ke penguatan pangan lokal, otomatis akan lebih efisien dari sisi biaya distribusi dan yang lebih penting devisa tidak lagi terkuras untuk mengimpor pangan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top