Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Cegah Korupsi, Pemprov Kalsel Buat Percontohan 33 Desa Antikorupsi

Foto : ANTARA/HO-MC Kalsel

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel di Kota Banjarbaru.

A   A   A   Pengaturan Font

Banjarmasin - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus membina desa agar memiliki tata kelola pemerintahan yang baik, salah satunya dengan membudayakan gerakan antikorupsi.

Menurut Kabid Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel Wahyu Widyo Nugroho di Banjarbaru, Rabu, gerakan tersebut dilakukan dengan membuat program percontohan desa antikorups di 33 desa.

Diungkapkan dia bahwa program ini sesuai dengan yang diminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kepada 11 kabupaten se-Kalsel agar tindak pidana korupsi di pemerintahan desa dapat diminimalkan.

"Program desa antikorupsi didasari lima komponen utama, yaitu penataan tata laksana desa, penguatan pengawasan, penguatan kualitas pelayanan publik, penguatan partisipasi masyarakat dan penguatan kearifan lokal desa yang nantinya akan terbagi menjadi 18 indikator," kata Wahyu.

Disampaikan dia, instansinya bekerja sama dengan Inspektorat dan Dinas Kominfo Provinsi Kalsel ke depannya akan melaksanakan Bimbingan Teknis Desa Anti Korupsi kepada Pemerintah Kabupaten se-Kalsel.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top