Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh, Beberapa Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Ulang

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Memanaskan kembali makanan memang lebih praktis dan umum dilakukan. Hal ini lebih menghemat waktu daripada harus memasak makanan baru.

Namun, beberapa jenis makanan dilarang untuk dipanaskan ulang karena bisa menjadi racun bagi tubuh. Apa saja makanan tersebut?

1. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung nitrat cukup tinggi. Kandungan tersebut didapat bayam air dari air, pupuk tanah dan udara yang digunakan tanaman bayam untuk hidup. Meskipun memiliki banyak manfaat, bayam tidak boleh dipanaskan ulang. Senyawa nitrat yang ada pada bayam dapat menyebabkan kanker jika dipanaskan.

2. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein. Telur mengandung vitamin, kalsium, vitamin B6 dan B12. Namun jika dipanaskan ulang, telur akan menimbulkan racun dan berbahaya untuk pencernaan tubuh.

3. Makanan bersantan

Indonesia kaya akan berbagai jenis makanan yang bersantan. Tetapi jika Anda memanaskan ulang masakan bersantan dapat menyebabkan lemak yang terkandung di dalamnya berubah menjadi lemak jahat sehingga meningkatkan kadar kolesterol di tubuh.

4. Kentang

Menurut ahli kesehatan, kentang tidak boleh dipanaskan ulang. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya bakteri langka yang dapat menyerang kesehatan tubuh. Jadi, jika Anda ingin mengolah kentang dan memasaknya, pastikan dalam jumlah yang cukup untuk sekali makan saja.

5. Jamur

Jamur juga termasuk salah satu jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang. Hal ini akan mengubah komposisi protein di dalamnya yang dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

6. Nasi

Beberapa penelitian menyebutkan bila nasi dihangatkan akan menyebabkan keracunan makanan. Saat panas, bakteri Bacillus cereus akan terbunuh namun bisa menghasilkan spora yang beracun.

7. Daging ayam

Bila daging ayam dipanaskan ulang, komposisi protein yang terkandung di dalamnya akan menghilang sehingga bisa memicu masalah pencernaan bagi tubuh. Maka dari itu, memanaskan ulang ayam tidak dianjurkan.

8. Seledri

Seledri bisa menjadi racun jika dipanaskan ulang. Sama seperti bayam, seledri mengandung nitrat yang cukup tinggi, sehingga jika dipanaskan kandungan nitrat akan bersifat karsinogenik. Jika tetap dikonsumsi, akan menyebabkan kanker.

(RAP/FBC)
Redaktur : FBC

Komentar

Komentar
()

Top