Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemulihan Ekonomi - Pemprov Masih Akan Mematangkan soal Bunga

Banten Tunda Pinjam Dana

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mayoritas fraksi DPRD Banten men­dukung pemprov memin­jam dana pemu­li­han eko­nomi. Namun, gu­bernur khawatir dana tersebut ­akhirnya dikorupsi.

SERANG - Pemerintah Provinsi (pemprov) Banten masih melakukan pembahasan perihal pinjaman daerah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai 4,1 triliun rupiah dari PT Sarana Multi Insfratuktur (SMI).

"Ada risiko yang harus ditanggung Pemprov Banten dari rekomendasi pilihan. Jika pinjaman dilakukan sepenuhnya sebesar 4,1 triliun rupiah maka harus membayar bunga 6 persen. Apabila tidak melakukan pinjaman maka pemprov akan melakukan refocusing besar-besaran," kata Gubernur Banten, Wahidin Halim, Selasa (4/5), di Serang.

Menurutnya, pemikiran tersebut, program yang bersumber dari dana pinjaman, sebagian sudah ada yang ditenderkan. Di sisi lain, PT SMI hanya meminjamkan dananya khusus untuk pembangunan insfratuktur, seperti jalan, jembatan, sekolah, dan sport center.

Dia menyebutkan rekomendasi pinjaman dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten sepertinya agar dilanjutkan secara penuh. Hal ini sesuai dengan keputusan yang tertuang dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

"DPRD sih setuju. Memang kita mau berembuk lagi dengan dinas terkait atas kesanggupannya. Kalau dewan sudah setuju," katanya saat ditemui di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (4/5).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top