Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pulau Kreta

Bangsa Bahari Penguasa Laut Aegea

Foto : FAYEZ NURELDINE / AFP
A   A   A   Pengaturan Font

Dari artefak dan lukisan peninggalan peradaban Minoa diketahui bahwa mereka adalah bangsa pelaut yang berhubungan dengan peradaban asing

Karakter peradaban Minoa adalah bangsa pelaut. Mereka berhubungan dengan orang asing di seluruh Laut Aegea di sebelah utara. Interaksi dengan bangsa lain dibuktikan dengan pengaruh Timur Dekat dan Mesir pada seni awal mereka.

Mereka juga melakukan perdagangan ekspor dan impor terkait terutama pertukaran tembikar dan bahan makanan seperti minyak dan anggur sebagai imbalan atas benda dan bahan berharga seperti tembaga dari Siprus dan Attica serta gading dari Mesir.

Hewan laut sering digambarkan di habitat aslinya, misalnya lumba-lumba, ikan, burung, monyet. Meskipun lukisan dinding Minoa sering dibingkai dengan batas dekoratif desain geometris, lukisan dinding utama itu sendiri, kadang-kadang, melampaui batas konvensional seperti sudut dan menutupi beberapa dinding dalam satu ruangan, mengelilingi penonton.

Beberapa Pulau Aegean, terutama di Cyclades, menampilkan karakteristik ekonomi yang berpusat pada istana dan struktur politik seperti yang terlihat di Kreta. Sementara seniman Minoa, terutama pelukis fresko, membawa keahlian mereka ke istana kerajaan Mesir dan Levant.

Seperti peradaban lainnya, orang Minoa juga mengenal agama meski masih samar diketahui para arkeolog. Namun informasi yang lebih detail tentang agama diketahui dari seni, arsitektur, dan artefak. Karya mereka menggambarkan upacara dan ritual keagamaan seperti menuangkan persembahan, membuat persembahan makanan, prosesi, pesta, dan acara olahraga seperti lompat banteng.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top