Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek Prof. H. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D

Bahasa Indonesia Sudah Menjadi Bahasa Modern

Foto : ISTIMEWA

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek Prof. H. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D

A   A   A   Pengaturan Font

Bahasa Indonesia hampir berusia 100 tahun. Sejak diumumkan melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, bahasa Indonesia terus mengalami perubahan dan penyempurnaan. Terbaru, pemerintah melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) versi V (lima).

Dalam pengembangannya, bahasa Indonesia tengah diupayakan agar penggunaannya lebih membuana atau mengglobal. Upaya tersebut dilakukan salah satunya melalui proses pengajaran yang tidak hanya dilakukan di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Adapun beberapa waktu lalu, pemerintah Malaysia mengusulkan agar bahasa Melayu menjadi bahasa resmi Asean. Hal tersebut mendapat respons dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, yang menolak usulan tersebut dan menyebut, bahasa Indonesia lebih layak dikedepankan sebagai bahasa resmi Asean.

Untuk menggali lebih dalam mengenai bahasa Indonesia dan perkembangannya, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma'rup, mewawancarai Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek, Prof. H. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa dijelaskan secara singkat kondisi bahasa Indonesia saat ini?

Dari sisi korpus, bahasa Indonesia dapat dikatakan sudah menjadi bahasa modern, yakni bahasa yang telah dilengkapi dengan kamus, tata bahasa, alat uji, dan ejaan. Bahasa Indonesia termasuk bahasa modern karena sudah mampu menjadi bahasa ilmu pengetahuan, mampu mengungkapkan gagasan-gagasan modern dalam berbagai ranah kehidupan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Sriyono
Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top