Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Perang Dagang

AS Tunda Bea Impor Aluminium dan Baja UE, Kanada, dan Meksiko

Foto : afp

Komoditas Baja l Seorang pekerja sedang memindahkan kawat baja di sebuah lokasi konstruksi di Nanjing, Tiongkok, pada akhir April lalu. Produk impor baja dari Tiongkok akan dikenai bea masuk yang cukup tinggi oleh AS dan aturan itu berlaku mulai 30 April lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dilaporkan telah memperpanjang pembebasan bea impor aluminium dan baja dari Uni Eropa (UE), Kanada dan Meksiko, hanya beberapa jam sebelum habis masa berlakunya pada 30 April 2018.

"Presiden Trump kembali menunda pajak baru untuk impor aluminium dan baja dari UE, Kanada, dan Meksiko, setidaknya satu bulan lagi, guna memberi waktu untuk mencari kesepakatan," demikian diwartakan Voice of America (VoA) Selasa (1/5).

Pengecualian pajak sementara seperti yang juga dikenakan pada Tiongkok, Jepang, dan Russia, habis masa berlakunya pada Selasa lalu.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin dan pejabat senior AS lainnya, akan berkunjung ke Tiongkok pada Kamis (3/5) ini untuk melakukan pembicaraan perdagangan. Trump memberlakukan pajak 25 persen untuk baja impor dan 10 persen untuk aluminium dari Tiongkok, Russia dan Jepang, serta eksportir lain untuk memperbaiki apa yang disebutnya persaingan tidak sehat.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pada Senin (1/5) mengatakan memberlakukan pajak impor bagi baja dan aluminium Kanada akan menjadi gangguan besar bagi industri AS dan Kanada.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top