Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Amir Hamzah hingga Denny JA, Ini 30 Sastrawan Indonesia yang Paling Banyak Berita di Penelusuran Google

Foto : istimewa

penulis Indonesia yang paling banyak berita di mesin pencarian Google, berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh sebuah PR Agency, XYZ+ pada rabu, 21 Desember 2022. Dari atas ke kanan; Amir Hamzah, Pramoedya Ananta Toer, Chairil Anwar. Dari bawah ke kanan; Denny JA, Dewi Lestari, Andrea Hirata.

A   A   A   Pengaturan Font

Amir Hamzah hingga Denny JA menjadi sastrawan dari generasinya masing-masing yang paling banyak muncul pemberitaannya dalam penelusuran mesin pencari Google. Begitu hasil penelusuran yang dilakukan oleh XYZ+, sebuah PR Agency yang berbasis di Jakarta pada akhir Desember ini.

Penelusuran ini dilakukan di mesin pencari Google Search pada Rabu (21 Desember 2022). Penelusuran ini dilakukan dengan menuliskan kata kunci 30 nama sastrawan Indonesia ternama pada era pra dan pasca kemerdekaan menggunakan tanda kutip ("...") di kotak pencarian Google. Tujuannya adalah agar hasil yang ditampilkan lebih spesifik dan akurat. Hasil penelusuran tersebut menunjukkan bahwa di antara penulis yang lahir pada era sebelum kemerdekaan, Amir Hamzah lebih banyak beritanya dibandingkan dengan Pramoedya Ananta Toer dan Chairil Anwar dalam penelusuran Google. Sedangkan penulis yang lahir pada era pasca kemerdekaan, Denny JA lebih banyak beritanya di penelusuran Google dibandingkan dengan Dewi Lestari, Andrea Hirata dan Eka Kurniawan.

Hasil penelusuran menunjukkan pada deretan tiga teratas, terdapat nama sastrawan yang lahir pada era sebelum kemerdekaan. Mereka adalah Amir Hamzah dengan 2.050.000 hasil pencarian, Pramoedya Ananta Toer dengan 1.570.000 hasil pencarian dan Chairil Anwar dengan 1.430.000 hasil pencarian.

Kemudian, pada urutan selanjutnya terdapat nama-nama penulis yang lahir pada era setelah kemerdekaan. Mereka adalah Denny JA dengan 648.000 hasil pencarian, Dewi Lestari dengan 503.000 hasil pencarian. Pada urutan selanjutnya ada nama Sapardi Djoko Damono dengan 475.000 hasil pencarian, Andrea Hirata dengan 397.000 hasil pencarian dan Taufik Ismail dengan 289.000 hasil pencarian.

Sementara itu, pada deretan selanjutnya, secara berurut berdasarkan hasil pencarian yang sama terdapat nama Eka Kurniawan, HB Jassin, Ayu Utami, W.S. Rendra, Leila S Chudori, Goenawan Mohamad, Putu Wijaya, Ahmad Tohari, Mochtar Lubis, Joko Pinurbo, Djenar Maesa Ayu, Abdoel Moeis, Nh. Dini, Sutardji Calzoum Bachri, Eka Budianta, Sutan Takdir Alisjahbana, Sitor Situmorang, Afrizal Malna, Abdul Hadi W.M., Norman Erikson Pasaribu, Widji Thukul, Marah Roesli.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : M. Fachri
Penulis : Wahyu AP

Komentar

Komentar
()

Top