Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pencegahan Korupsi - Pemberantasan Korupsi di Indonesia Bergerak Maju

Ajarkan Antikorupsi Sejak Dini

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk memberantas korupsi maka budaya antikorupsi harus diajarkan sejak dini dan diarusutamakan sehingga kesadaran masyarakat dapat terbangun.

JAKARTA - Budaya antikorupsi harus diajarkan sejak dini dan diarusutamakan sehingga kesadaran masyarakat dapat terbangun. Kalau Eleanor Roosevelt (politikus dan diplomat Amerika Serikat) mengatakan hak asasi manusia dimulai dari rumah, begitu pula antikorupsi.

"Anak-anak kecil harus belajar membedakan mana hak publik dan hak pribadi," kata Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen, dalam diskusi dengan tema Evaluasi Capaian Indonesia atas Komitmen Antikorupsi Internasional, di Jakarta, Rabu (2/5).

Denmark adalah salah satu negara yang sukses membudayakan antikorupsi bagi masyarakatnya. Budaya ini, menurut Rasmus, telah dimulai sejak akhir tahun 1700-an saat awal Denmark membangun sistem pegawai negeri sipilnya.

Menurut Rasmus, didukung penegak hukum yang kuat dan berbagai lembaga negara, termasuk Ombudsman dan parlemen, Denmark menempati posisi sebagai negara kedua paling tidak korup di dunia, berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi yang dirilis Transparency International pada 2017.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top