Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

38 North: Kapal untuk Uji Coba SLBM Korut Kembali ke Posisi Awalnya

Foto : KBS/YONHAP News
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Situs web Amerika Serikat (AS) yang memantau Korea Utara (Korut), 38 North, pada Rabu (14/4) waktu setempat melaporkan bahwa kapal yang digunakan untuk menarik tongkang untuk uji coba peluncuran misil balistik berbasis kapal selam (SLBM) yang sempat hilang di galangan kapal Sinpo, Provinsi Hamgyong Selatan, Korut, telah kembali ke posisi awalnya.

Menurut citra satelit dari galangan kapal Sinpo yang ditunjukkan oleh 38 North tersebut, kapal untuk menarik tongkang uji coba SLBM telah kembali berlabuh.

Selain itu, citra satelit tersebut memperlihatkan posisi fasilitas terapung untuk pembuatan dan perbaikan kapal telah berubah posisi dan terdapat dua unit kapal kecil di dalamnya.

Dalam citra satelit yang dirilis pada 6 April lalu, terkonfirmasi kapal tongkang uji coba SLBM dipindahkan dari bagian selatan tempat pembuatan kapal di fasilitas kedua ke bagian depan dermaga terapung fasilitas pembuatan dan perbaikan.

Oleh karena itu, diduga Korut tengah menyiapkan uji coba SLBM atau peluncuran SLBM yang pertama.

Sebelumnya, Beyond Parallel, milik Pusat Studi Strategi Internasional (CSIS) mengungkapkan kapal tongkang tersebut telah berlabuh di dalam tangki keamanannya sejak Oktober tahun 2019 lalu, kemudian baru bergerak pada April ini.

"Perpindahan kapal tongkang itu untuk mengganti tabung misil atau perbaikan kapal," demikian perkiraan dari 38 North. KBS/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top