Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pengelolaan Anggaran

2020, Investasi Pemerintah ke BUMN Rp75,94 T

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Realisasi investasi pemerintah kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 2020 sebesar 75,94 triliun rupiah. Sebagai rinciannya, 56,288 triliun rupiah merupakan dukungan dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN) dan 19,65 triliun rupiah dalam bentuk pinjaman Investasi Pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (IP PEN).

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata menyatakan pemberian investasi itu menunjukkan komitmen kuat pemerintah memberikan dukungan penguatan kepada BUMN/ Lembaga. Hal itu dimaksudkan agar dapat berperan secara optimal dalam proses pemulihan ekonomi dan/ atau dapat mempertahankan kualitas layanan kepada masyarakat di tengah situasi yang sulit ini.

Isa Rachamatarwata juga menyampaikan investasi merupakan creative effort yang dilakukan pemerintah, agar dukungan yang diberikan APBN dapat dioptimalkan oleh BUMN/ Lembaga, antara lain melalui proses leverage atau pendanaan lebih lanjut.

"Pemerintah akan terus memantau kinerja dari BUMN/Lembaga yang telah mendapat dukungan dana tersebut melalui laporan kinerja yang disampaikan secara berkala, agar dukungan yang telah diberikan dipergunakan sesuai tujuan penggunaan yang telah direncanakan," jelasnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (8/1).

Dalam proses realisasinya, lanjutnya, setiap PMN kepada BUMN/ Lembaga ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah, yang didukung oleh kajian dari penggunaan dan manfaat PMN ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail

Komentar

Komentar
()

Top