Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

178 Kapal Tradisional Dapat Sertifikat Gratis

Foto : Koran Jakarta/M Zaki Alatas

Sebanyak 178 kapal tradisional di Kepulauan Seribu, Jakarta mendapatkan pengukuran dan sertifikasi aspek kelaiklautan kapal gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak 178 kapal tradisional dengan tonase kotor kurang dari 7 grosston (GT) di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta sudah dilaksanakan pengukuran dan pemeriksaan aspek kelaiklautan kapal oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan. Kapal-kapal tersebut telah diberikan pas kecil secara gratis, tanpa dipungut biaya.
Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Johan Christoffel menyebutkan kegiatan pengukuran kapal ini masih akan terus berlangsung di seluruh pulau di wilayah Kepulauan Seribu. Pas Kecil merupakan dokumen penting yang merupakan salah satu tanda bukti kepemilikan kapal, Surat Tanda Kebangsaan Kapal, serta dokumen kapal yang dipersyaratkan untuk kapal berlayar dalam memenuhi aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.
"Dihimbau kepada masyarakat Kepulauan Seribu/ pemilik kapal yang belum memiliki pas kecil agar segera mengajukan permohonan untuk dilaksanakan pengukuran untuk persyaratan proses sertifikasi," kata Johan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/9).
Ia juga menekankan bahwa setiap kapal yang berlayar harus memiliki Pas Kecil agar memenuhi status hukumnya. Sehingga diharapkan dalam waktu dekat seluruh kapal yang ada di wilayah kerja KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu sudah tersertifikasi.
"Hal Ini akan banyak membantu para pemilik kapal tidak hanya mendapatkan sertifikat tapi juga bisa menambah nilai investasi kapal tersebut," kata Johan.


Redaktur : Sriyono
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top