Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Wow! Tiongkok Luncurkan Satelit Misterius Chuangxin 16 ke Luar Angkasa, Buat Apa?

Foto : Istimewa

Satelit misterius Chuangxin 16

A   A   A   Pengaturan Font

Tiongkok terus mengembangkan teknologi dalam eksplorasi luar angkasa. Kini, Tiongkok meluncurkan satelit misterius Chuangxin 16 menggunakan roket padat kecil Kuaizhou-1A.

Dilansir dari laman Space, Minggu (28/8), peluncuran tersebut dilakukan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di barat daya Tiongkok, Selasa, 23 Agustus lalu waktu setempat.

Peluncuran tersebut berhasil mengirim satelit Chuangxin 16 ke orbit lingkaran dekat pada ketinggian sekitar 366 mil atau atau setara 590 kilometer. Adapun satelit tersebut dikembangkan oleh Innovation Academy for Microsatellites dari Chinese Academy of Sciences (IAMCAS).

Meski begitu, Tiongkok tidak menjelaskan secara detail terkait jumlah dan jenis satelit yang diluncurkan ke luar angkasa. Media pemerintah Tiongkok hanya memberikan deskripsi yang tidak jelas tentang misi peluncuran tersebut, yang menyebutnya bertujuan untuk "eksperimen ilmiah dan verifikasi teknologi baru."

Peluncuran satelit Tiongkok itu mendapatkan perhatian dari Amerika Serikat (AS). AS diminta oleh para pengamat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemajuan pesat Tiongkok dalam eksplorasi luar angkasa.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top