Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penyakit Menular

WHO: Ada Lonjakan Kasus Cacar Monyet di Kongo

Foto : ARUN SANKAR / AFP

Petugas mengenakan pakaian alat pelindung diri di fasilitas laboratorium molekuler saat menguji penyakit cacar monyet di King Institute, Chennai, beberapa waktu lalu. WHO pada Sabtu (25/11), melaporkan, hingga 12 November telah terjadi 12.569 kasus dan 581 kematian terkait penyakit mpox atau cacar monyet di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada tahun 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) pada Sabtu (25/11), melaporkan, hingga 12 November telah terjadi 12.569 kasus dan 581 kematian terkait penyakit mpox atau cacar monyet di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada tahun 2023. Ini merupakan angka tahunan tertinggi untuk kasus mpox yang pernah tercatat.

Dikutip dari The Straits Times, penyakit menular yang sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet ini pertama kali diidentifikasi pada manusia pada tahun 1970 di Kongo.

Penyakit ini telah menjadi endemik selama bertahun-tahun di beberapa negara Afrika Barat dan Tengah, di mana wabah sering kali dimulai ketika virus itu ditularkan ke manusia dari hewan yang terinfeksi.

"Semua kecuali empat dari 26 provinsi di Kongo melaporkan infeksi, dengan kasus baru di wilayah geografis yang sebelumnya tidak melaporkan mpox, termasuk Kinshasa, Lualaba, dan Kivu Selatan," kata WHO.

WHO prihatin dengan penularan suatu varian dan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Kongo untuk menilai situasinya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top