Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Wapres Serahkan Tropi Proper Emas pada 26 Perusahaan

Foto : Dok Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, saat menyerahkan tropi Proper Emas atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan kepada seorang perwakilan perusahaan yang sangat mentaati aturan terkait lingkungan hidup di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (8/1)

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, menyerahkan tropi Proper Emas atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan kepada 26 perusahaan sangat mentaati aturan terkait lingkungan hidup di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (8/1).

Wapres yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, mengatakan aspek ketaatan izin lingkungan dilatarbelakangi oleh sifat lingkungan hidup sebagai barang milik publik. Pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh operasi industri yang tidak ramah lingkungan pada hakekatnya sama dengan merampas/mengambil hak orang lain.

Hal itu sejalan dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 30 Tahun 2016 terkait Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 terkait Pengelolaan Sampah Untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan.

Selain itu, kata KH Ma'ruf, juga bertujuan untuk mendorong industri menerapkan prinsip ekonomi hijau yaitu efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati dan mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Kriteria penilaian untuk aspek, lebih dari ketaatan yaitu sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi dan gas rumah kaca, dan efisiensi air.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top