Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

UEA Resmikan PLTS 2 GW Jelang COP28

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pembangkit listrik tenaga surya Al Dhafra, dengan kapasitas 2 GW, telah selesai dibangun di Uni Emirat Arab, yang menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim PBB COP28 tahun ini. Fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk 200 ribu rumah tangga.

Proyek ini dilaksanakan oleh Abu Dhabi National Energy Co (TAQA), Abu Dhabi Future Energy Co (Masdar) yang dimiliki oleh UEA, EDF Renewables dari Perancis, dan Jinko Power, yang berbasis di Cina. Wakil Penguasa Abu Dhabi Hazza bin Zayed Al Nahyan memotong pita untuk sistem Al Dhafra.

"Saat UEA bersiap untuk menjadi tuan rumah COP28, proyek perintis ini mencerminkan komitmen berkelanjutan negara ini untuk meningkatkan pangsa energi bersih, mengurangi emisi karbon, dan mendukung upaya global dalam aksi iklim," katanya, dikutip dari Balkan Green Energy News, Jumat (24/11).

Masdar menjelaskan, terletak 35 kilometer di selatan kota Abu Dhabi, pembangkit listrik tenaga surya ini dibangun dalam satu fase. Pembangkit ini menghasilkan listrik yang cukup untuk menyalakan hampir 200.000 rumah di UEA. Fasilitas PLTS Al Dhafra membentang di atas gurun seluas lebih dari 20 kilometer persegi.

Fasilitas ini terdiri dari hampir empat juta panel surya bifacial. Perangkat ini juga menghasilkan listrik dari sisi bawah, dengan menggunakan pantulan sinar matahari. Masdar mengklaim bahwa ini adalah pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Pembangkit listrik ini termasuk di antara lima pembangkit listrik terbesar secara keseluruhan.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top