Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Dampak Konflik

Tiongkok Ajak Mesir Ikut Stabilkan Timur Tengah

Foto : ANDREI GORDEYEV/AFP

Presiden Tiongkok, Xi Jinping

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Presiden Tiongkok, Xi Jinping, pada Kamis (19/10), mengatakan kepada Perdana Menteri Mesir, Mostafa Madbouli, bahwa mereka harus bekerja sama untuk menciptakan "stabilitas yang lebih besar" di Timur Tengah, dengan perang Israel-Hamas membayangi wilayah tersebut.

Dikutip dari Barron, konflik ini telah berkobar sejak kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan mendadak ke Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 200 orang.

Sebagai tanggapan, Israel mengepung Gaza, melancarkan gelombang serangan udara di daerah kantong Palestina, memberlakukan blokade dan mengerahkan pasukan di perbatasannya menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan.

Pejabat tinggi kemanusiaan PBB, Martin Griffiths, pada Rabu, mengatakan situasi di Gaza sangat buruk, dengan rumah sakit kewalahan, lebih dari 3.000 warga Gaza tewas dan 12.500 lainnya luka-luka.

Tiongkok telah berulang kali mendukung proposal dua negara yang tidak jelas mengenai kebuntuan selama puluhan tahun sebelum perang.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top