Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tidak Merokok Terbukti Mampu Meminimalisir Risiko Terkena Kanker

Foto : Istimewa

Ilustrasi.

A   A   A   Pengaturan Font

Analisis data Riset World Cancer Research Fund (WCRF) menjelaskan sekitar 40 persen kanker dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup seperti makan sehat, aktif, menjaga berat badan yang sehat dan tidak merokok.

Pasalnya, Cancer Research UK menuturkan berhenti merokok akan secara signifikan mengurangi jumlah kasus kanker yang terkait, di mana 33 persen kasus kanker berkaitan dengan kebiasaan merokok. Sebuah studi baru-baru ini juga mengungkapkan jumlah kematian akibat kanker di Inggris akan turun dari 27.200 jiwa menjadi 16.500 jiwa apabila semua orang berhenti merokok.

"Selama bertahun-tahun, penelitian memperkirakan bahwa sekitar 40 persen kanker terkait dengan faktor risiko yang dapat dimodifikasi," ujar Vanessa Gordon-Dseagu, manajer interpretasi penelitian di WCRF.

Walau ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker yang tidak dapat diubah, seperti penuaan dan riwayat penyakit dalam keluarga. Para ahli menunjukkan perubahan gaya hidup sehat dapat membantu meminimalisir resiko itu.

Para ahli juga menyarankan untuk makan banyak buah dan sayuran, makanan gandum tinggi serat dan protein sehat, sambil mengurangi makanan dan minuman berkalori tinggi.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Suliana

Komentar

Komentar
()

Top