Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Thailand Berburu Harta Karun di Situs Kuno yang Hilang

Foto : AFP/MANAN VATSYAYANA

Situs Sejarah | Arkeolog Tanachaya Tiandee berpose di situs sejarah Si Thep yang ada di Provinsi  Phetchabun, Thailand, pada Kamis (14/9) pekan lalu. Situs kompleks kota tua ini selama puluhan tahun mengalami penjarahan sehingga Thailand saat ini harus berjuang keras untuk memulangkan kekayaan budayanya yang dicuri. 

A   A   A   Pengaturan Font

Penjarahan di situs kota kuno Si Thep telah menyebabkan pemerintah Thailand saat ini harus berjuang keras untuk memulangkan kekayaan budaya mereka yang dicuri.

Di bawah terik Matahari, arkeolog Thailand bernama Tanachaya Tiandee memanjat reruntuhan pagoda di kota kuno Si Thep untuk mencoba mengungkap misterinya. Tugas itu menjadi lebih sulit karena ada bagian dari teka-teki yang hilang akibat terjadinya penjarahan selama puluhan tahun.

Thailand mempunyai banyak koleksi situs bersejarah, namun penjarahan pihak asing telah melucuti banyak situs tersebut sehingga negara tersebut harus berjuang keras untuk memulangkan kekayaan budayanya yang dicuri.

"Gambaran besar seperti bangunan itu telah ditemukan, namun artefak yang menceritakan sedikit detailnya telah hilang, membuat banyak cerita tak terungkap tentang Si Thep," kata Tanachaya kepadaAFP. "Sepertinya ada potonganpuzzleyang hilang," imbuh dia.

Kompleks seluas 400 hektare, yang menurut para arkeolog berusia antara 1.500 hingga 1.700 tahun yang lalu itu, mungkin akan dimasukkan dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO pada awal pekan ini dan pendaftaran ini merupakan penambahan pertama di Thailand sejak tahun 1992.

Saat Tanachaya, 33 tahun, dengan hati-hati menggali konstruksi batu kuno, dia menghadapi tugas sulit untuk menyatukan kisah-kisah Si Thep, yang terletak sekitar 200 kilometer di utara Bangkok. Diyakini bahwa selama bertahun-tahun, setidaknya 20 benda telah dicuri dari situs tersebut, dan para ahli mengidentifikasi 11 benda di museum di Amerika Serikat (AS).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top