Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Telemedis, Layanan yang Semakin Sering Digunakan saat Pandemi

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Telemedis atau konsultasi online seputar masalah kesehatan lambat laun menjadi pilihan utama, terlebih seiring maraknya kasus Covid-19. Salah satu alasannya adalah karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Memiliki nama lain telemedicine atau telekonsultasi, American Academy of Family Physicians mendefinisikan telemedis sebagai praktik penggunaan teknologi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh.

Fungsi utama telemedis adalah mempermudah pelayanan medis, terutama bagi masyarakat yang kesulitan mengakses fasilitas tersebut. Namun untuk praktiknya, telemedis sangat tergantung pada infrastruktur dan pemahaman teknologi informasi yang memadai.

Selain itu, telemedis juga berguna untuk memudahkan sistem rujukan pasien antar rumah sakit atau puskesmas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membagi telemedis menjadi dua bagian yaitu asinkronis dan sinkronis. Perbedaannya, pada asinkronis data pasien dikirim lewat surel kepada dokter yang kemudian mempelajari data itu untuk kemudian menyampaikan diagnosis.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Hari Styawan

Komentar

Komentar
()

Top