Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pelestarian Lingkungan

Tanam Pohon di Tempat yang Salah dapat Sebabkan Pemanasan Global

Foto : AFP/LUIS TATO

Seorang anak menanam bibit pohon di Nairobi, beberapa waktu lalu. Dalam beberapa kasus, lebih banyak pohon berarti lebih sedikit sinar matahari yang dipantulkan kembali dari permukaan bumi dan lebih banyak panas yang diserap oleh planet ini.

A   A   A   Pengaturan Font

PARIS - Para ilmuwan, pada Selasa (26/3), mengatakan menanam pohon di tempat yang salah sebenarnya dapat berkontribusi terhadap pemanasan global. Dengan peta baru mengidentifikasi lokasi terbaik untuk menumbuhkan kembali hutan dan mendinginkan planet ini.

Dikutip dari The Straits Times, pohon menyerap karbon dioksida. Memulihkan kawasan hutan yang terdegradasi atau menanam pohon muda untuk meningkatkan tutupan hutan merupakan salah satu upaya melawan perubahan iklim.

Namun menurut sebuah penelitian di jurnal Nature Communications, dalam beberapa kasus, lebih banyak pohon berarti lebih sedikit sinar matahari yang dipantulkan kembali dari permukaan bumi dan lebih banyak panas yang diserap oleh planet ini.

"Ada beberapa tempat di mana penebangan pohon kembali menyebabkan dampak negatif terhadap iklim," kata Susan Cook-Patton, salah satu penulis studi tersebut.

"Para ilmuwan telah memahami, memulihkan tutupan pohon menyebabkan perubahan albedo, jumlah radiasi matahari yang dipantulkan kembali dari permukaan planet namun mereka tidak memiliki alat untuk menjelaskannya," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top