Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Lomba Antarpelajar

Ratusan Peserta Ikuti Kompetisi Robotic

Foto : koran jakarta/yoyok bp

kompetisi robotic I Peserta memprogram robot buatan sendiri saat Kompetisi Robotic Anak di ICE BSD City, Serpong, Tangerang, Minggu (22/4). Kompetisi diselenggarakan International Youth Robot Association (IYRA) bekerja sama dengan Sinar Mas Land dan Kementerian Pendidikan.

A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG - Sebanyak 500 peserta dari 200 sekolah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan beberapa kota lainnya mengikuti kompetisi robotic atau Indonesian Youth Robot Competition (IYRC). Pemenang kompetisi ini akan mewakili Indonesia ke ajang internasional yang akan berlangsung di Bangkok pada November mendatang.

Ketua IYRA Regional Indonesia, Firdiansyah, mengatakan kompetisi robotic antarpelajar ini fokus pada pembelajaran. "Pemenangnya nanti akan mengikuti kompetisi tingkat internasional. Biasanya kita mengirim 50 sampai 100 anak ke kompetisi tingkat internasional, satu tim terdiri dari dua orang," kata Firdiansyah di ICE BSD City, Tangerang, Minggu (22/4).

Ia menerangkan, kompetisi robotik sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori. Indonesia akan mengirimkan perwakilan untuk setiap kategori, tetapi juga akan mengatur strategi dengan cara mengirimkan personil lebih banyak untuk kategori-kategori yang memiliki peluang besar untuk dimenangkan.

Firdiansyah menyebut selama ini tim robotik Indonesia cukup kuat di kategori kreatif, yakni kategori yang memperlombakan bagaimana peserta berinovasi dalam menciptakan robot yang sesuai dengan tema yang ditetapkan.

Kompetisi robotic IYRA ke-4 ini terselenggara bekerja sama dengan Sinar Mas Land dan Kementerian Pendidikan. Lomba ini merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang science technology, engineering, dan math (STEM).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : M Husen Hamidy

Komentar

Komentar
()

Top